Rabu, 19 November 2014

[Resensi Buku Islam] 150 Tanya Jawab Seputar Anak Muslim



Pada setiap anak hari ini, kita dalam melihat gambaran peradaban di masa depan. Ya, anak merupakan amanah besar yang dititipkan oleh Allah kepada kedua orang tuanya. Orang tua sebagai orang terdekat dari seorang anak, tentunya memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya, serta berperan dalam mengarahkannya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menggambarkan tentang hal ini lewat sabdanya; 

Semua bayi yang dilahirkan dalam keadaan fitrah. Ibu bapaknyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi.” (HR.Bukhari)

Karena itulah, sangat penting bagi setiap orang tua untuk menyiapkan bekal yang cukup dalam mendidik dan mengurus anak-anaknya. Bekal tersebut tentu saja bukan hanya sebatas materi belaka, namun juga ilmu dan pengetahuan seputar hukum-hukum syariat tentang permasalahan seorang anak baik yang berkaitan dengan urusan dunianya, terlebih untuk perkara akhiratnya.

Orang tua yang baik tentu menginginkan yang terbaik pula untuk buah hatinya. Maka wajar saja jika kemudian para orang tua membutuhkan arahan dan tuntunan, serta kerap kali memiliki berbagai macam pertanyaan seputar hal-hal yang berkaitan dengan masalah anak. 

Alhamdulillah, untuk menjawab kebutuhan tersebut, kini telah hadir di tengah-tengah kita, sebuah buku yang insya Allah akan memberikan pencerahan bagi para orang tua, guru, pendidik, atau siapa saja yang memiliki tanggung jawab untuk mengasuh dan mengarahkan seorang anak. Buku ini berjudul 150 Tanya Jawab Seputar Anak Muslim. Buku setebal 202 halaman ini dikemas dalam dengan sampul softcover yang tentunya akan memberikan kenyamanan saat kita membacanya dimana saja dan kapan saja. Sampulnya didesain dengan menggunakan warna-warna yang cerah dan layout yang memikat, dengan ukuran 15,5 x 23, 5 cm. Pada sampul buku yang disusun oleh Yahya bin Sa’id Alu Syalwan ini juga dicantumkan nama para ulama besar Islam saat ini, yang berkontribusi dalam memberikan fatwa-fatwa yang dimuat dalam buku ini, beliau adalah Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baaz, Syaikh Muhammad Shalih al Utsaimin, Syaikh Abdullah bin Abdirrahman bin Jibrin, dan Syaikh Shalih bin Fauzan al Fauzan, serta tidak ketinggalan pula kumpulan fatwa dari Al Lajnah ad Daimah lil Buhuts al Ilmiah wal Ifta’. 

Buku ini tentu menjadi koleksi yang akan sangat berharga sebab merupakan kombinasi yang komplit dari berbagai kitab-kitab fatwa para ulama besar tersebut, baik secara individu ataupun yang tergabung dalam Komite Tetap untuk Penelitian dan Fatwa. 

Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam menelusuri berbagai macam nasihat dan ijtihad yang dimuat dalam buku ini, sebab setiap pertanyaan dan jawaban seputar anak muslim telah dikelompokkan ke dalam beberapa bagian yang teruntai pada lima belas bab.

Buku ini disusun dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang selanjutnya akan dijawab oleh para ulama dengan pembahasan yang jelas, padat, namun mudah untuk dipahami, serta tentunya berdasarkan dalil-dalil yang shahih baik secara naqli maupun aqli. Berbagai pertanyaan yang dibahas tersebut merupakan permasalahan-permasalahan yang sangat umum dijumpai setiap orang tua dan kerap kali terjadi di sekitar kita, sehingga insya Allah buku ini akan membantu Anda untuk menjawab pertanyaan yang juga mungkin kerap kali muncul dalam pikiran Anda, sekaligus memberikan Anda wawasan yang baru perihal segala sesuatu yang berhubungan dengan anak.

Selain itu,  daftar isi buku ini juga merincikan tema dari setiap pertanyaan di tiap bab, sehingga memudahkan kita untuk langsung menuju ke halaman yang memuat permasalahan yang mungkin ingin segera kita temukan jawaban atau solusinya. 

Dimulai dengan bab pertama yang membahas tentang permasalahan aqidah. Berbagai macam pertanyaan seputar masalah aqidah akan dijawab pada bab ini. Mulai dari pembahasan tentang keyakinan kita pada ketetapan Allah perihal keturunan, bagaimana konsekuensi dari amal shalih yang dilakukan anak sebelum usia baligh, hingga penjelasan berbagai ritual-ritual semisal menggantungkan jimat pada anak, atau rangkaian acara pada moment khitanan anak. Semuanya akan dijawab dengan jelas oleh para ulama, dan bukan hanya tentang permasalahan anak saja, namun juga menuntun para orang tua untuk dapat bersikap dengan benar dan sesuai dengan aqidah dalam hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas mengurus anak. 

Bab kedua dan bab ketiga memaparkan seputar pemberian nama dan aqiqah. Pada bab ini, rangkaian pertanyaan yang dimuat akan memberikan pencerahan kepada kita tentang kaidah-kaidah yang benar dalam memberikan nama kepada anak, serta tuntunan dalam permasalahan aqiqah yang terkadang masih mengalami kerancuan di tengah masyarakat. 

Pada bab keempat hingga keenam, akan ditampilkan pembahasan tentang thaharah, shalat, zakat, dan harta anak yatim. Kita akan dituntun untuk mengetahui lebih dalam seputar masalah kesucian yang berkaitan dengan anak, misalnya tentang hukum-hukum khitan, apakah sama kedudukannya antara khitan anak lelaki dengan anak perempuan? Apakah anak yang telah meninggal tetap wajib untuk dikhitan jika belum sempat dikhitan? Atau tentang tanda-tanda baligh pada seorang anak. Permasalahan berkaitan dengan shalat juga sangat penting untuk kita cermati. Pembahasan ini akan membuka cakrawala berpikir kita sehingga kita akan lebih tepat dalam menyikapi kapan waktu yang pas untuk anak diajarkan shalat, dibawa ke masjid, dan kapan pula seorang anak bisa menjadi imam? Berbagai macam pertanyaan lainnya berkaitan dengan hal ini juga akan dijawab dengan tuntas pada bab kelima. Begitu pula tentang zakat dan harta anak yatim. Kewajiban zakat tertentu pada seorang anak serta pengelolaan harta anak yatim tentunya merupakan perkara yang sangat penting untuk kita pahami. Kesemuanya itu akan dibahas dengan tuntas dan praktis lewat tanya-jawab pada bab keenam.
Anda masih sering bingung dengan pertanyaan seputar puasa dan haji bagi anak-anak? Mungkin pertanyaan yang sama juga sudah dijawab pada bab ketujuh dan kedelapan. Ya, mulai dari hukum puasa bagi anak, hingga pahala puasa anak, serta kedudukan haji bagi seorang anak yang mengerjakannya saat belum baligh hingga kasus tentang anak yang memasuki usia baligh tepat saat berhaji, akan dijawab dengan tuntas pada kedua bab ini. 

Permasalahan tentang sepersusuan atau ar-Radha’ah juga merupakan hal yang penting untuk kita pahami. Sebab, masalah ini berhubungan erat dengan perkara mahram bagi seseorang. Kapan sepersusuan menyebabkan dua orang anak menjadi mahram? Bagaimana jika hukum sepersusuan itu meragukan? Serta sepersusuan seperti apa yang tidak membawa pengaruh apa-apa? Temukan jawabannya pada bab kesembilan. 

Beralih pada bab-bab berikutnya, maka kita akan disuguhkan berbagai macam tema yang juga tidak kalah penting untuk kita ilmui bersama. Misalnya tentang tindakan kriminal yang berimplikasi pada kewajibab orang tua membayar diyat atau kaffarah, pembahasan tentang tarbiyah atau pendidikan anak, begitu pula tentang ta’lim atau pengajaran pada anak, tutunan dalam mengatur cara anak berbusana, pemilihan mainan untuk anak yang diperbolehkan dalam syariat, hingga tema-tema lainnya mulai dari tuntunan saat bayi baru lahir hingga pembahasan seputar anak yang diadopsi. Semua pembahasan itu akan dipaparkan dengan lengkap pada bentangan bab sepuluh hingga bab kelima belas.  

Pada akhirnya, insya Allah terdapat kemanfaatan yang besar dengan memiliki buku 150 Pertanyaan Seputar Anak Muslim. Tentunya bukan hanya sebagai koleksi untuk pemanis rak buku Anda, namun dapat menjadi rujukan yang shahih yang membahas tentang aqidah, fiqh, akhlak, pendidikan, hingga permasalahan-permasalahan lainnya yang akan sangat penting untuk kita pahami. Berbagai macam fatwa dari kitab-kitab para ulama telah disusun dan dikemas dalam satu buku yang praktis, sehingga akan memberikan kemudahan bagi Anda. Semoga dengan memiliki ilmu dan pemahaman yang lurus seputar permasalahan anak, kita dapat menjadi orang tua yang bertanggung jawab, serta dapat mengarahkan anak-anak kita menjadi generasi penerus yang akan memiliki peranan penting dalam mengembalikan dan menyongsong kejayaan umat. Insya Allah... 

*ditulis untuk rubrik Resensi Buku Islam di Radio Rodja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar